Lee neVer die haRd

Hemat BBM aLa Djoko Sutrisno

Posted on: Mei 28, 2008

Yogyakarta – Pak Djoko yang satu ini berbeda dengan Joko Suprapto, warga Nganjuk Jawa Timur yang menemukan blue energy, bahan bakar berbahan baku air. Pak Djoko yang satu ini bernama lengkap P. Djoko Sutrisno, warga Kelurahan Pakuncen Jl HOS Cokroaminoto No 76 Yogyakarta.

Antara Djoko Sutrisno dan Joko Suprapto, sama-sama mengembangkan air. Bila Joko Suprapto mengembangkan air menjadi bahan bakar, maka Djoko Sutrisno hanya memanfaatkan atau menambahkan air ke dalam BBM, sehingga motor atau mobil yang dikendarainya menjadi lebih irit dibanding bila menggunakan 100 persen BBM. Prinsipnya kendaraan masih menggunakan BBM, namun dengan ditambah dengan teknologi temuan Djoko Sutrisno pengunaan BBM bisa irit atau hemat 100 – 150 persen.

“Setelah dipasangi teknologi ini, konsumsi BBM bisa hemat dua kali hingga tiga kali lipat. Untuk percobaan, dulu kita pakai motor dan mobil pribadi. Sekarang banyak warga yang ingin dipasangi alat itu,” kata Djoko kepada detikcom dirumahnya, Senin (26/5/2008) kemarin.

Menurut dia, peralatan yang dibutuhkan juga sangat sederhana, tidak rumit dan tidak dipatenkan, meski alat ini memang hasil temuannya. Djoko tidak pelit, malah dengan sukahati dan sukarela membagikan pengetahuan itu kepada orang yang berminat mempelajarinya.

“Kalau mau membuat sendiri ongkosnya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu. Mobil dan motor saya sudah saya pasangi sejak 2 tahun lalu,” kata Djoko yang hanya jebolan kelas dua di SMP Pangudi Luhur itu.

Secara prinsip, kata Djoko, hingga saat ini kendaraan hanya bisa menggunakan bensin atau solar. Namun, Djoko yakin pada suatu ketika, kendaraan itu bisa dijalankan dengan menggunakan air. Hanya saja teknologinya memang perlu banyak perubahan.

Mengenai teknologi temuannya, Djoko menjelaskan, air yang akan menjadi sumber energi itu dicampur dengan zat kimia berupa Kalium Hidroksida (KOH). Gas hidrogen tersebut mampu menambah oktan di bensin atau solar, sehingga menjadi lebih hemat. “Prinsipnya air murni atau aquades ditambah KOH yang bisa dibeli di toko-toko bahan kimia dengan harga murah itu, motor bisa jalan,” katanya.

Air yang yang sudah dicampur bahan tersebut kemudian dihubungkan dengan elektroda agar unsur oksigen dan hidrogen dalam air tersebut terurai. Setelah itu unsur hidrogennya yang mudah terbakar dijebak dan diambil sebagai sumber tenaga.

“Sangat sederhana sekali, logis dan ilmiah sehingga semua orang bisa memanfaatkannya. Saya tak takut temuan saya ini ditiru orang lain. Tak perlu dipatenkan agar semua orang bisa memanfaatkannya,” imbuh dia.

Saat ini di kawasan tempat tinggalnya, sudah banyak mobil dan motor yang dimodifikasi dengan teknologi temuannya. Dua buah mobil VW Kodok dan KIA Carens milik temannya akan dipasangi alat itu. Sejak pagi pukul 08.00 WIB, dia dibantu 2-3 orang karyawan dan anggota keluarganya mengutak-atik motor milik orang lain yang minta dipasang alat tersebut.

Tidak hanya itu, banyak pemilik bengkel, bahkan warga luar kota Yogyakarta seperti Bogor, Bandung atau Semarang sengaja datang ke rumah Djoko yang sekaligus menjadi bengkel untuk menimba ilmu. “Saya juga tak pelit ilmu kalau memang ada orang yang benar-benar ingin belajar ke sini,” kata dia.

33 Tanggapan to "Hemat BBM aLa Djoko Sutrisno"

knp tidak membuka cabang di Semarang aj? kn di Semarang blum ada alt kyk bgtuan. Syukur2 bs kerjasama dsni,he..he..

ini baru orang indonesia yang peduli rakyat,,tanpa mematenkan produk yang bisa mengatasi masalah kenaikan BBM…….oh ya omong-omong elektrodanya itu bisa dispesifikkan ndak…?

Bapak yang satu ini memang oke banget, tunggu saya pak. Saya mau datang ke tempat bapak untuk belajar. Saya di Gresik. Saya yakin pasti bermanfaat untuk orang gresik. Tapi pak, apa efek jangka pendek dan jangka panjang pada mesin. Apa mesin bisa berkarat? juga tabung knalpot?

pak, tolong kirim skema lengkap plus nama2 komponennya ya!!!
ini email saya ‘kovale@yahoo.com’
matur nuhun sebelumnya…………..

Pak yang udah ke tempat Pak Joko, siapa aja. kalau dapat skema dan gambar bisa diupload gitu, biar semua bisa manfaatin teknologi ini. takutnya ntar ini teknologi malah dipatenkan sama orang lain bahkan negara lain. banyak to yg suka ngaku2. tapi saya usul ni sama pak Joko. Bapak patenkan aja temuan ini biar gak di aku2 orang. jadi semua bisa makai teknologi pak Joko. Terimakasih

bapak bisa nggak dipakai untuk motor yang CCnya dibawah 125 terus apa tidak ada efek buruk akibat pemakaian jangka panjang pada motor, terima kasih

WAH.. SELAMAT BUAT PAK JOKO.. INDONESIA PANTAS BERTERIMA KASIH PADA BAPAK…
MESKIPUN SAYA TAHU BAPAK ITU ORANG BAIK.. TAPI ADA BAIKNYA BAPAK PATENKAN PENEMUAN BAPAK UNTUK KEPENTINGAN ORANG BANYAK TERUTAMA DARI TETANGGA SEBELAH (MALAYSIA) YANG SUKA AKU-AKU PUNYA ORANG.. KAN KASIHAN NANTI ORANG YANG MAU PAKE SUDAH DIPATENKAN DI TETANGGA KACAU TADI….
TERIMA KASIH PAK JOKO… SAYA AKAN PAKAI JUGA NANTI….

SALAM

Pak, saya tertarik untuk belajar dan memakai produk karya bapak itu. Saya segera berangkat ke Yogya untuk itu. APakah bapak berkenan diganggu untuk keperluan tersebut? Terima kasih. Semoga Tuhan memberkati bapak sekeluarga. Alangkah baiknya jika temuan ini bisa dipatenkan dan menjadi milik bangsa Indonesia. Salut untuk Pak Djoko.

Di situs-situs internet luar negeri misal. water4gas.com atau hydrogen-boost.com sejak tahun 2000 sudah ada alat penghemat bbm semacam ini , jadi kurang tepat kalau alat ini hasil penemuan Joko Sutrisno, bisa saja dia habis browsing trus meniru segala hal seperti yang sudah ada di internet.

Apakah bapak mau memberikan cara kerja dari proses pembuatan alat yang mekanisme dari ketemuan tersebut kepada saya. Karena saya sangat tertarik terhadap penemuan bapak
Terima kasih

bikin sendiri alat hemat bbm cuman 10ribu………….

http://rapidshare.com/files/131259023/HematBBM_indy_s_.PDF.html

Saya sudah coba buat sendiri, sekarang saya bingung memasang slang yang masuk ke manipol ? Gimana caranya ? Letaknya atau posisi untuk dipasang slang dari alat penghemat dimana ?

Ternyata alatnya sungguh2 sangat sederhana. Tabung yang digunakan adalah botol untuk menyajikan kecap di warung bakso ditambah slang karet untuk menyambungkan ke manifold. Elektroda terbuat dari stainless steel plus dioda sebagai penyearah arus dari listrik yang dihasilkan oleh dinamo motor. Dan satu lampu indikator untuk pengaturan campuran air dan KOH-nya. Sungguh luar biasa!!!.

luar biasa

Bagaimana cara pemasangannya?

aku uda coba, n berikut hasil dan gambar-gambarnya. bisa juga kita sharing …
lihat di sini
http://mojokerto-blog.blogspot.com/2008/08/motorku-pakai-penghemat-bbm-brown.html

maksih

klo ada yang pesan di daerah surabaya ada yang udah memasarkan : silahkan cek http://www.bbmair.com
Harganya:
Jenis Spesifikasi Harga
Mobil dibawah 1500 cc Rp. 175.000,-
1500 cc & dibawah 2500 cc Rp. 225.000,-
diatas 2500 cc call us
Motor 90 cc s/d 200 cc Rp. 100.000,-

Yth. P Joko
Kalau ada aku mau beli jadi aja dan sekalian pasang di Semarang ada nggak ya mohon info

PAk,saya mahasiswa Sanata Dharma.
Saya mau bertanya?
HOD itu cuma pake air tok po?
Apa ada bahan lain yg melengkapi?
Lalu bagaimana cara membuatnya?
Saya salut dengan Bapak.
Terima kasih…

bila ada yang minat dengan tabung elektrolisa hemat bbm,bisa pesan melalui saya di 081328590309/sms

Benar Pak Djoko Sutrisno, di PATENKAN aja biar nggak di akui bahwa Alat Hemat BBM temuan Bp.Djoko Sutrisno adalah hasil temuan MALAYSIA Si Bangsa Kaya Baru itu….:-(( Mentang-2 nilai tukar uangnya Krg lbh RM.0,5…. = Rp.1.000,- dia jadi nggak kuat,licik. Tapi cara daftar hak patennya gimana yach ? Di Instansi apa ? DI PATENKAN AJA PAK DJOKO SUTRISNO. Kita sudah kalah set lho sama “Malingsia” eh Malaysia.Dia ngaku-2 GAMELAN,KOLINTANG,BATIK,SIPADAN,LIGITAN,REOG PONOROGO adalah punya Si Malingsia itu.Jadi GERAM Nich..,Tapi tak tahan karena ini Bulan Ramadhan.Sabar…sabar….!!!! BECIK KETITIK OLO KETORO.MAJU TERUS INDONESIA KU.

RIA nawarin elektrolisa hemat bbm, hp nya gak bisa dihubungin koq. pending terus sms ku..!! ko bisa..??

say adah beli alatnya pak Joko Soetrisno tapi tolong bagan cara masangnya di mobil toyota hardtop atau mobil lainnya.
kalu ini sukses insya Allah akan saya pasang di Tractor, Excavator juga Nissan dan Hino untuk hauling coal dan OB,,,maju pak Joko

saya sudah pasang alat temuanya pak joko s. ada kendala pada saat katup karburator ditutup masih ada suara mesin yang menderu ( gas masih tinggi ) setelah jeda waktu tertentu bisa stasioner lagi . jadi saat kendaraan melaju ada rasa kurang nyaman saat memindah gigi trasmisi. bagaimana cara mengatasinya . tolong dong solusinya

bagi yg mau skemany water4gas ada dihttp://www.dl4all.com/e_books/16926-water4gas.html tinggal donlot… buat sendiri aja…

saya pikir temuan pak joko ini perlu dipatenkan, mungkin dengan catatan tertentu untuk keamanan dan kemakmuran rakyat indonesia. agar negara lain tidak nyerobot patennya, seperti makanan ???
sehingga kita kesulitan untuk akses international …..
Banyak deh… manfaat paten.
Dan juga sebagai indikator kemampuan rakyat indonesia dibidang teknologi seperti ini…

Saya kagum skli dengan alat / temuan yang bpk buat. Kalau berkenan dan tdk kbratan,saya mau minta skema pemasangan alat tersebut dan apasaja alat/bahan campuran yang digunakan. saya ingin mencoba menggunakan alat trsbt,dan semoga bermanfaat buat masyarakat yg sedang mengalami prmasalahan ekonomi,akibat bbm naik. 1 lagi pertanyaan saya ,apakah alat tsb bisa di gunakan untuk mobil eropa [MERCY]?.

Saya kagum skli dengan alat / temuan yang bpk buat. Kalau berkenan dan tdk kbratan,saya mau minta skema pemasangan alat tersebut dan apasaja alat/bahan campuran yang digunakan dan cara pemasanganya. saya ingin mencoba menggunakan alat trsbt,dan semoga bermanfaat buat masyarakat yg sedang mengalami prmasalahan ekonomi,akibat bbm naik. 1 lagi pertanyaan saya ,apakah alat tsb bisa di gunakan untuk mobil eropa [MERCY]?.

Mohon informasi pemasaran alat hemat bahan bakar untuk kota Bandung

Hebat… hebat… Pak Djoko Sutrisno mmg hebat…
Sayang mmg kalo tidak dipatenkan.
Skrg aja udah byk agen2 yg jual alat ini.
Pasti deh, mereka ambil keuntungan… bisnis is bisnis
moga mereka gak lupa ama Pak Djoko Sutrisno aja, dan sudah dpt ijin dari beliau.
Sebaiknya dibuatkan dokumentasi, pembuatan dan pemasangan, dll seputar alat ini sehingga dpt dipergunakan sebaik2nya untuk bangsa Indonesia.

Salam

saya dah coba buat sendiri tapi belum berhasil juga.
saya adalah mahasiswa unimed yang merangkap menjadi sopir angkot di meddan.
saya mta tolong karna saya butuh alat tersebut dan juga cara memasangkannya ke mesin

Rekan, dengan semakin dalam pengalaman di pembuatan hidrogen booster, boster kami telah dimuat tabloid otomotif dan majalah motor:

Info Produk hydrogen booster/ boster hidrogen/ hho generator aDHydro di majalah MOTOR Hydrogen Booster terbukti meningkatkan performa mesin, dengan cara menambah pasokan zat hydrogen ke dalam ruang bakar. Maka salah satu diantaranya yang diklaim berhasil adalah produk lansiran ADHYDRO ini. Ini adalah produk kedua yang telah mengalami penyempurnaan dan mengusung kelebihan non boiling point, dan mampu menghasilkan lebih banyak hidrogen buat mesin.Alat ini hanya menggunakan media air murni (air “AQUA”), yang dimasukkan ke dalam tabung yang tersedia. Lalu air tersebut akan mengalami pengaliran aliran listrik pada elemen yang tersedia di dalamnya, yang otomatis akan menghasilkan gas hidrogen. Pemasangannya pun cukup mudah, karena seudah berbentuk paket. Hanya tinggal sambungkan ke intake manifold.Oh ya, selain keuntungan peningkatan performa yang signifikan, ternyata pemakaian hidrogen booster ADHYDRO ini, diklaim mampu mengefisienkan pemakaian bahan bakar yang berimbas pada lungsuran gas buang yang lebih bersahabat. Bahkan asap knalpot pun tercium seperti uap rebusan air. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak penjualnya!
http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-static-mobil-di-majalah-motor.html
http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-hho-variable-motor-di-tabloid.html
http://www.pengiritbbm.blogspot.com

saya kurang setuju dgn saudara martaya krna tidak menghargau hasil kerja keras pak joko

Tinggalkan Balasan

My AWARD

KaLendeR

Mei 2008
S S R K J S M
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Lee deUyizzZZ

teMen-teMen biaSa paNggiL aKu "Lee"

tHanx baNget yaNg uDah MampiR k bLog aKu

kaLo maU cHat aMa aKu di lee_deuyiz@yahoo.com

aTo miss_hope27@yahoo.com

kaLo maU teMenan di FrienDster di miss_hope27@yahoo.com

kaTegori

My faVorite baNd

CeWe-ceWe IPM ;)

Blog Stats

  • 90,193 hits

cHat wiTh me “Lee”

Top cLick

  • Tak ada
